-->

Model Pembelajaran Penemuan


Pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Tatap muka dilakukan melalui KKG, MGMP, KKKS, MKKS/Asosiasi lainnya, modul yang dipelajari secara tatap muka ini yaitu Modul A, Modul B, dan Modul D dengan dibiayai oleh Pusat atau Pemerintah daerah. Sedangkan modul C, E, F, G, I dan J dipelajari secara mandiri dengan menggunakan modul yang diperoleh melalui website kemdikbud.
Modul Guru Pembelajar Bahasa Inggris untuk Guru SMP Terlengkap
Modul Guru Pembelajar Penjas Orkes untuk Guru SMA Terlengkap
Definisi Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Metode Discovery Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri. Sebagaimana pendapat Bruner, bahwa: “Discovery Learning can be defined as the learning that takes place when the student is not presented with subject matter in the final form, but rather is required to organize it him self” (Lefancois dalam Emetembun, 1986:103). Dasar ide Bruner ialah pendapat dari Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperan aktif dalam belajar di kelas.

Kelebihan dari model pembelajaran SAVI, sebagai berikut:
  1. Membangkitkan kecerdasan terpadu siswa secara penuh melalui penggabungan gerak fisik dengan aktivitas intelektual
  2. Siswa tidak mudah lupa karena siswa membangun sendiri pengetahuannya.
  3. Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena siswa merasa diperhatikan sehingga siswa tidak cepat bosan untuk belajar matematika.
  4. Memupuk kerjasama karena siswa yang lebih pandai diharapkan dapat membantu yang kurang pandai.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2015 GURU PEMBELAJAR